Apakah jQuery masih diperlukan untuk saat ini?
August 12, 2020
Apakah Flutter Layak untuk Dipelajari?
October 20, 2020

14 Strategi Digital Marketing yang Cocok Diterapkan

15 strategi digital marketing

Ada begitu banyak teknik memasarkan suatu produk atau jasa dari bisnis yang sedang dijalani. Teknik yang paling populer saat ini adalah menggunakan teknik digital, atau biasa orang-orang menyebutnya Digital Marketing. Digital marketing menjadi begitu populer karena dilandasi hal-hal berikut.

    1. Bisa digunakan semua jenis bisnis,
    2. Meningkatkan pendapatan dengan efektif,
    3. Mampu menjangkau target konsumen spesifik,
    4. Bisa digunakan apapun perangkat yang digunakan,
    5. Dapat membantu membangun brand bisnis anda.

Di tengah-tengah situasi pandemi seperti sekarang, penulis berhasil merangkum 14 strategi untuk menjalankan digital marketing bisnis anda. 14 strategi ini penulis dapatkan dari belangganan hosting di Niagahoster. Oleh sebab itu tidak perlu diragukan lagi strateginya.

 

1) Membuat Google Bisnisku


Google Bisnisku adalah fitur untuk pemilik bisnis yang berguna untuk mempermudah calon konsumen untuk mengetahui informasi lengkap bisnisnya. Dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review pelanggan. Jadi layanan ini yang menampilkan profil bisnis Anda secara instan di halaman pencarian.

 

2) Menggunakan WhatsApp Bisnis


WhatsApp Bisnis adalah salah satu aplikasi chat yang dikhususkan untuk para pemilik bisnis. Ini bukan WhatApp reguler. WhatsApp Bisnis memiliki fitur-fitur yang akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Anda dapat membalas pesan secara otomatis, sortir pesan, dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.

 

3) Membuat Website


Ini tentu saja merupakan hal yang bisa dikatakan wajib. Karena selain strategi lainnya, website bisa menjadi branding bisnis anda. Website akan menampung semua pusat kegiatan bisnis online yang Anda bangun.

 

4) Menggunakan Email Bisnis


Tidak akan lengkap, jika sudah memiliki website tetapi belum menggunakan emailnya. Email bisnis adalah email yang menggunakan nama domain bisnis Anda sebagai identitas online. Dengan begitu bisnis anda akan terlihat lebih profesional dan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

 

5) Menggunakan Teknik SEO


Jika anda membuat website sebagai salah satu teknik digital marketing, maka wajin mengikuti praktik penggunaan SEO. Search Engine Optimization bertujuan membuat website Anda muncul di peringkat atas Google.

 

6) Memanfaatkan SEM


Selain SEO, SEM juga cocok dilakukan. Search Engine Marketing adalah praktik mengiklankan website di hasil pencarian. Hasil pencarian terdiri dari dua bagian, yaitu organik dan iklan. Iklan yang muncul di hasil pencarian inilah yang disebut sebagai Search Engine Marketing (SEM).

 

7) Membuat Buyer Persona


Buyer persona adalah representasi dari tipikal target pelanggan sebuah bisnis yang didapatkan dari hasil riset mendalam. Idealnya, anda perlu membuat profil pelanggan yang seolah-olah mereka adalah nyata. Langkah ini akan sangat membantu, terlebih di saat anda ingin menyampaikan value bisnis kepada pelanggan. Selain itu, proses implementasi strategi bisnis lainnya pun bisa berjalan lebih mudah.

 

8) Menerapkan Strategi Copywriting


Copywriting adalah teknik membuat materi pemasaran yang dapat membujuk audiens untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli sebuah produk atau layanan, berlangganan newsletter, menghubungi sales, dan lainnya.

 

9) Menjalankan Social Media Marketing


Social media marketing adalah pemanfaatan platform media sosial untuk mempromosikan produk. Pada prakteknya, upaya social marketing sering digunakan bersamaan dengan upaya digital marketing lainnya. Contohnya, penggunaan blog, email dan lainnya.

 

10) Melakukan Email Marketing


Ini namanya, email marketing adalah cara pemasaran produk dengan mengirimkan penawaran kepada calon konsumen melalui email.

 

11) Bekerjasama dengan Influencer


Influencer adalah orang yang ditunjuk untuk mempengaruhi konsumen agar membeli suatu produk tertentu. Bisa seorang blogger, YouTuber, dan lainnya. Dengan ini produk bisnis anda akan lebih dikenal lagi.

 

12) Menggunakan CTA dengan Tepat


CTA adalah sebuah teks atau banner yang akan mengajak pengunjung melakukan sesuatu. Contohnya adalah Beli Sekarang, Dapatkan Di sini , dan sejenisnya. Dalam upaya digital marketing, peran CTA sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Terutama bagi pengunjung yang sudah berada di website Anda.

 

13) Memaksimalkan Leads


Leads adalah orang-orang yang punya potensi besar untuk diprospek menjadi pelanggan. Mereka umumnya meninggalkan kontak supaya Anda dapat menghubungi mereka secara leluasa. Berbekal kontak itulah, Anda bisa mengirimkan info seputar promo atau rilis produk terbaru.

 

14) Memilih Marketing Tools untuk Bisnis


Cara paling efektif dalam menjalankan strategi digital marketing adalah memanfaatkan marketing tools. Dengan berbagai tool tersebut, Anda dapat melakukan berbagai upaya pemasaran dengan mudah. Marketing tools bisa berupa to do list untuk mengatur daftar pekerjaan, aplikasi otomasi email, aplikasi untuk menganalisa data, hingga tools untuk membantu upaya SEO. Contohnya anda bisa lihat disini.

 

Terakhir, penulis berharap semoga anda yang baru memulai bisnis atau yang sudah memulai tapi tidak ada kemajuan perkembangan bisnisnya, bisa mampertimbangkan 14 strategi digital marketing sebelumnya. DapurKode juga siap membantu mewujudkannya


Baca juga: Apakah jQuery masih diperlukan untuk saat ini?

Baca juga: Akhirnya Bootstrap v5 Alpha Pertama Muncul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *