bootstrap versi 5 alpha terbaru (2)
Akhirnya Bootstrap v5 Alpha Pertama Muncul
August 6, 2020

10 Mitos SEO yang Merugikan Website Anda

10 Mitos SEO yang Merugikan Website Anda

10 Mitos SEO yang Merugikan Website Anda

Setelah penulis hampir dua bulan fokus dalam dunia blogging, istilah SEO memang memiliki peranan yang signifikan terhadap traffik website yang dikelola. SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah praktik yang bisa dilakukan untuk mengoptimalisasi website untuk berada pada urutan terkecil pada sebuah mesin pencari, seperti google search. Mengapa hal tersebut penting? Jawabannya sudah jelas, karena saat ini pengguna internet lebih suka mencari informasi langsung melalui mesin pencari google dari pada harus mengingat setiap domain website, sehingga website yang tertampil di halaman awal mesin pencari adalah website yang berpeluang paling besar dikunjungi oleh pengguna internet.

Seiring berjalannya waktu, praktik SEO yang awalnya sederhana menjadi semakin rumit dan kompleks. Dari awal perkembangannya sampai saat ini sudah banyak sekali tips praktik SEO yang bertebaran di internet. Padahal kalau ditelusuri, tidak semua praktik SEO tersebut berlaku saat ini. Hal tersebut dikarenakan si mesin mencari selalu memperbaiki algoritma penempatan website-website pada indexnya, dengan harapan tidak terjadi praktik kecurangan SEO. Untuk kepentingan website  website yang sudah merajai search engine, mitos-mitos tentang SEO juga sengaja disebarluaskan. Tujuannya agar website baru tidak mampu menyaingi website tersebut.


Penulis mengutip langsung dari ebook yang didapat dari berlangganan hosting di niagahoster, berikut adalah 10 mitos SEO yang merugikan website anda.

Optimasi SEO Cukup Sekali Saja

Search engine pasti selalu memperbarui algoritmanya, sehingga sebaiknya anda melakukan optimasi SEO setiap tiga atau enam bulan sekali.

Keyword Stuffing

Maksudnya adalah memperbanyak kata kunci di satu halaman artikel. Dulu mungkin ini masih berlaku, tetapi sekarang tindakan ini dianggap memberikan pengunjung konten yang tidak berkualitas.

Satu Kata untuk Kata Kunci per Halaman Adalah Kunci Kesuksesan

Tindakan ini dianggap spamming oleh google, sehingga artikel anggap tidak memiliki konten yang berkualitas. Contoh, anda memilih topik “Kucing”, kata kunci yang digunakan sebaiknya jangan “Kucing”, pilihlah 1 topik yang menarik bagi anda, seperti “anak kucing” dan “cara merawat anak kucing” atau “makanan anak kucing.”

Semakin Banyak Backlink Semakin Baik

Disini tentu saja kualitas akan mengalahkan kuantitas, jadi walaupun artikel anda menggunakan hanya 1 backlink yang berkualitas, terpercaya, dan relevan dengan topik, itu akan mengalahkan artikel yang banyak mengandung backlink yang jelek tidak berkualitas dan tidak sesuai topik yang dibahas.

Umur Situs Adalah Faktor Utama Yang Berpengaruh

Jadi sebenarnya bukan karna website tertentu yang sudah berumur tua yang mengalahkan website baru. Bukan karna umur, tapi karena website tua biasanya lebih berpengalaman dalam hal praktik SEO dan sudah memiliki traffik yang stabil. Tapi jika ada situs lama yang tidak menerapkan praktik SEO secara benar, website anda yang baru lahir pun pasti bisa mengalahkannya.

Konten Asal-Asalan Bisa Dapat Ranking Tinggi

Untuk saat ini, ini sudah tidak berlaku, google saat ini sangat mengutamakan kepuasan pengunjung, jadi buatlah konten yang relevan, informatif, lebih baik dari pesaing, kredibel, dan engaging. Lalu di saat yang sama, halaman yang menampilkan konten tersebut juga harus ringan, cepat dibuka, dan mobile friendly.

Konten Panjang Dapat Ranking Tinggi

Ini bisa jadi mitos jika, konten yang dibuat asal-asalan, tidak relevan, dan kata kunci yang digunakan banyak bertebaran.

Konten Baru Selalu Lebih Diutamakan

Ini memang benar, hanya saja, jika konten baru yang dibuat saat itu tidak menjadi search intent dari pengunjung, akan percuma. Jadi poin pentingnnya adalah, ketahui search intent dari pengunjung, kemudia buat konten baru yang relevan tetapi berbeda dengan pesaing lainnya.

Google Ads Menaikan Ranking

Jawabannya sudah pasti tidak berhubungan. Google Ads hanyalan layanan iklan dari google, yang memiliki tugas tersendiri. Begitupun dengan Google Search Engine, memiliki tugasnya tersendiri.

Sharing Media Sosial Termasuk Faktor Penting

Pernyataan ini sudah dibantahkan langsung Google. Sharing di medsos tidak akan menaikkan ranking website anda di mesin pencari secara langsung. Hanya saja, Sharing di medsos memberikan peluang yang lebih tinggi untuk website anda dikunjungi oleh teman-teman anda di medsos, sehingga traffik website bisa berpeluang naik.


Setelah membaca 10 mitos SEO yang merugikan website, penulis berharap jika diantara anda ada yang sudah terlanjur mempraktikkan mitos tersebut, sekarang adalah saatnya untuk meninggalkan praktik tersebut dan mulailah lebih mengenal mesin pencari yang menjadi target anda. Sekian


Baca juga: Apakah jQuery masih diperlukan untuk saat ini?

Baca juga: Akhirnya Bootstrap v5 Alpha Pertama Muncul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *